Single Blog Title

This is a single blog caption
20
Apr

Pusaka Agung sebagai potensi sektorial di Berau

Pusaka agung sendiri merupakan merupakan salah satu sektor yang potensial di Kabuapten Berau. Kontribusi PDRB sektor ini menempati posisi terbesar kedua setelah sektor pertambangan. Pusaka agung yang sangat berpotensi antara lain pertanian jagung dan pertenakan, salah satunya pertenakan sapi.

Populasi ternak sapi potong di Kabupaten Berau terpantau mengalami peningkatan dari 14.485 ekor naik 105 persen menjadi 15.210 ekor pada Tahun 2020, walaupun terdapat penurun 30 ekor dibandingkan Tahun 2019. Hal ini lebih disebabkan oleh intervensi kegiatan yang bersifat bantuan fisik ternak, peningkatan pengetahuan peternak dalam pemeliharaan, penyediaan pakan dan penanggulangan penyakit ternak, serta diintensifkannya program Inseminasi Buatan (IB). selain itu peningkatan ini juga tidak lepas dari partisipasi masyarakat dalam pembangunan peternakan di Kabupaten Berau. Pada Tahun 2020 produksi daging sapi di Kabupaten Berau sebanyak 470.178 Kg, namun jumlah tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan konsumsi daging masyarakat Berau sebesar 580,56 Kg. hal tersebut menyebabkan Berau masih harus mendatangkan 19 % kebutuhan daging sapi setiap tahun dari luar Kaltim. Permasalahan lainnya masih adanya kejadian khusus penyakit jembrana, AI, Parasiter/cacingan dan gangguan reproduksi pada sapi. Terlebih lagi rendahnya tingkat kelahiran sapi potong dan tingginya pemotongan ternak betina produktif, semakin memperumit permasalahan sapi potong di Kabupaten Berau.

Strategi yang sudah dan terus diupayakan dalam menghadapi permasalahan tersebut antara lain:

1) Peningkatan produktivitas ternak.

2) Peningkatan, pengamatan, penyidikan, pencegahan dan pengendalian penyakit hewan menular strategis.

3) Pengembangan peternakan dengan pendekatan kawasan dan komoditi unggulan, melalui pemanfaatan lahan secara optimal dengan pola simbiosis mutualisme antara ternak dengan tanaman pangan, tanaman perkebunan, tanaman kehutanan dan eks tambang.

4) Peningkatan peran swasta dalam usaha pembibitan ternak sapi.

5) Peningkatan Sumber Daya Manusia Peternak dan Pelaku Usaha untuk menghasilkan produk sapi yang berdaya saing.

Langkah strategi tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dalam arah kebijakan pengembangan sapi, antara lain:

1) Optimalisasi inseminasi Buatan (IB)

2) Peningkatan kualitas pakan ternak

3) Peningkatan manajemen budidaya peternakan

4) Kredit Ternak Sejahtera, Asuransi Usaha Ternak Sapi

5) Penguatan prasarana dan sarana pelayanan kesehatan hewan (Puskeswan dan Check Point)

6) Peningkatan pemenuhan produk pangan asal sapi yang ASUH melalui unit Rumah Potong Hewan (RPH).

Menambahkan informasi yang telah disebutkan, tim sekkab menemukan bahwa banyak dari peternak sapi yang belum melakukan praktek peternakan secara modern dan intensif. Masih banyak kami jumpai sapi yang hanya dilepasliarkan di ladang yang pada akhirnya menimbulkan masalah pada ladang pertanian milik masyarakat. Strategi Pengembangan Pertanian Berbasis Kawasan dan berorientasi Agribisnis di Kabupaten Berau (Pusaka Agung), merupakan integrasi ternak sapi, kambing dan tanaman jagung dalam satu kawasan yang dikelola sejak budidaya (on farm), pasca panen (off farm), sampai dengan pemasaran. Adapun kawasan Pusaka Agung meliputi Kecamatan Batu Putih, Kecamatan Talisayan dan Kecamatan Biatan.

Sumber : Laporan PSS Semester 1, Laporan Pelaksanaan Program Pejuang Sigap 2021

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...