Single Blog Title

This is a single blog caption
25
Feb

Memperkuat BUMDes dan UMKM Langkah Tepat Mempertahankan Ekonomi Desa dalam Badai Pandemi Covid-19

Menanggapi kondisi ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi covid-19 ini Presiden Joko Widodo menyampaikan instruksi kepada semua pihak untuk berperang melawan pandemi global covid-19 dan memperkuat ekonomi termasuk di antaranya adalah memperkuat ekonomi desa, karena kita semua mengetahui bahwa UMKM dan BUMDES sebagai tulang punggung perekonomian merupakan sektor yang paling terdampak akibat wabah virus COVID-19. Kebijakan social-physical distancing berdampak langsung pada merosotnya produksi dan penjualan. Sebagai respon terhadap kondisi tersebut kemudian pada 24 Maret 2020, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengeluarkan Protokol penanganan wabah Virus Corona melalui Surat Edaran Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Corona dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa (PKTD), protokol ini diambil sebagai bentuk respon dan antisipasi terhadap kemunculan kasus Covid-19 di wilayah desa dengan situasi ekonomi dan akses kesehatan yang masih terbatas.

PKTD dalam hal ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk menjaga perekonomian di desa tetap berjalan di tengah kondisi ketidakpastian akibat pandemi covid-19, Harapannya Bisnis yang telah berjalan di desa baik itu UMKM dan BUMDES harus  tetap berjalan dengan mekanisme yang telah disesuaikan. Sehingga kemudian dibutuhkan punggawa-punggawa ekonomi desa yang siap untuk berjuang dan survive di tengah kondisi pandemi covid-19.

Dampak ekonomi tentunya juga akan berpengaruh terhadap ketersediaan pangan, sehingga kemudian desa harus ikut andil menjaga  ketahanan pangan nasional, program cetak sawah yang sedang dimulai oleh pemerintah pada dasarnya adalah kebijakan jangka panjang, sehingga desa tetap harus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pangan jangka pendek sekaligus menjalankan roda ekonomi di desa, salah satu alternatif solusi yang bisa diambil adalah diversifikasi pangan, langkah ini bisa sekaligus untuk membangun branding daerah.

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...